Sejarah terciptanya April Mop



Anter - Taukah anda tentang  April Fools Day atau April Mop? Yupz...April Mop adalah hari di mana hampir semua orang melakukan kebohongan untuk bercanda.

Namun tahukah Anda bagaimana asal muasal 'hari jebakan' ini berasal?

 Ada banyak versi tentang sejarah terciptanya April Mop berikut 3 diantaranya :

1. Menurut bangsa Roma dan penganut Hindu, mereka merayakan Tahun Baru di sekitar tanggal 1 April. Tanggal 1 ini dipilih karena dianggap sebagai cara yang pas untuk memulai tahun baru. Tanggal ini adalah tanggal yang paling dekat dengan vernal equinox. Vernal equinox adalah waktu di saat seluruh bumi diperbaharui dengan datangnya musim semi.

2.Di abad pertengahan, banyak bangsa Eropa yang merayakan Tahun Baru pada tanggal 25 Maret. Tanggal ini dirayakan sebagai Pesta Kabar Sukacita, permulaan tahun baru.Namun di tahun 1582, Paus Gregorius XIII membuat penanggalan baru untuk menggantikan kalender Julius. Kalender sang Paus dikenal sebagai kalender Gregorian. Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru ini dirayakan pada tanggal 1 Januari.
Perancis akhirnya mulai mengadopsi tanggal ini sebagai waktu merayakan Tahun Baru. Namun ternyata tak semua orang bisa menerima perubahan ini, dan ada juga yang tak mau tahu. Mereka tetap saja merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April. Sementara orang lainnya yang tahu kalau 1 April bukanlah Tahun Baru mulai mengolok-olok hal ini sebagai hal yang bodoh. Tak hanya itu, mereka juga mencoba mengelabui orang-orang tradisional ini agar percaya dengan yang mereka katakan. Akhirnya, praktik ini menyebar sampai ke seluruh Eropa.
Ini adalah cerita sejarah yang paling populer dari April Mop. Namun ternyata tak semuanya bisa percaya dengan hal ini. Misalnya, kalender Gregorian tidak diadopsi oleh Inggris sampai tahun 1752. Padahal di masa itu, April Mop sudah berlangsung dan populer di sana. Jebakan yang paling populer adalah jebakan London Tower. Tahun 1698, beberapa orang tertipu saat mereka pergi ke Tower of London untuk melihat Singa mandi.

3.Sejarah lain dari April Mop juga coba dijelaskan oleh Joseph Boskin, seorang profesor sejarah di Universitas Boston. Ia mengatakan bahwa April Mop dimulai pada pemerintahan Constantine. Hal ini dimulai ketika sekelompok badut bergurau dengan Kaisar Romawi, bahwa mereka bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik dibanding menjalankan kekaisaran. Constantine pun geli. Ia mengizinkan seorang badut, Kugel untuk mencoba jadi raja sehari. Pertukaran peran ini sekaligus menyerukan sebuah absurditas pada hari itu. Dan akhirnya ini pun menjadi sebuah acara tahunan.


0 komentar:

Posting Komentar