Laut 'Terbelah' Ala Nabi Musa terjadi di Korea Selatan





Anter- Fenomena lautan yang terbelah ala kisah Nabi Musa sungguhan  ternyata terjadi lagi di dunia ini.Hal ini bisa ditemui di Korea Selatan, di negara tersebut tepatnya di Pulau Jindo ada lautan yang 'terbelah' sepanjang 2,8 km.

Pulau Jindo belum sepamor Nami Island atau Pulau Jeju. Tapi di sinilah, terdapat fenomena laut 'terbelah' tersebut. Bahkan, para turis bisa langsung berjalan di atas lautannya!

Pulau Jindo berada di semenanjung bagian selatan Korea Selatan. Cara menuju ke sana, naik bus jurusan Seoul-Jindo yang berangkat tiap empat kali sehari dan perjalanannya mencapai 5 jam.

Pulau Jindo sejatinya pulau yang subur. Masyarakat di sana hidup dengan bertani, berternak dan nelayan. Pulau ini dikelilingi lautan yang mana tiap dua tahun sekali, terjadi fenomena lautan yang seolah terbelah.




                    Laut yang 'terbelah' di Pulau Jindo (Steve Miller/Youtube)

Ceritanya begini, di tahun 1975, duta besar Prancis yang kala itu sedang berkunjung ke Pulau Jindo tidak sengaja melihat fenomena tersebut. Dia melihat orang yang berjalan di tengah laut!

Sejak saat itulah, cerita lautan terbelah di Pulau Jindo tersebar luas. Turis mulai berdatangan dan melihat dengan mata kepala sendiri. Mereka kompak bersama-sama menyebutnya Miracle of Moses alias Keajaiban ala Nabi Musa.

Jika ditelaah, sebenarnya lautan di Pulau Jindo tidaklah benar-benar terbelah melainkan surut. namun surutnya bukan cuma dua atau lima meter, melainkan panjangnya mencapai 2,8 km dan lebarnya mencapai 60 meter. Surutnya pun bisa 1 jam lamanya!

Ketika surut itulah, masyarakat Pulau Jindo turun langsung ke laut dan mencari kerang. Mereka juga bisa menyeberang ke pulau tetangga, Pulau Modo. Tapi rupanya, fenomena tersebut hanya berlangsung dua kali dalam setahun yang biasanya terjadi di awal tahun.




                   Turis yang berjalan di tengah laut (Steve Miller/Youtube)


Pemerintah Korea Selatan tidak tinggal diam. Tahu negaranya punya fenomena yang unik seperti ini, pemerintah Korea Selatan menggelar 'Jindo Miracle Sea Road Festival'. Suatu festival yang mengajak turis untuk berjalan langsung membelah laut.

Sudah 35 kali festivalnya berlangsung dan selalu penuh didatangi turis. Tak tanggung-tanggung, 500 ribu sampai 1 juta turis tercatat datang ke sana. Turis merasakan langung, berjalan ke tengah laut, berfoto-foto sampai mencari kerang-kerang laut. Asyik!

Tiket masuk ke festivalnya cuma dibanderol 5.000 Won atau setara Rp 56 ribu. Suguhan musik tradisional sampai kuliner lezat pun disediakan untuk para turis. Tahun 2016 ini, rencananya Jindo Miracle Sea Road Festival bakal digelar pada tanggal 20 sampai 23 Maret 2016.

0 komentar:

Posting Komentar