Memperingati Hari Perempuan International 2015





Anter - Pas di Hari ini tanggal 8 Maret  seluruh dunia sedang memperingati  Hari Perempuan Internasional . Perayaan itu dilakukan  untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di dunia dalam bidang ekonomi, politik dan sosial. Peristiwa ini didasarkan dalam rangka  memperingati kejadian kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

Berbagai kegiatan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Puluhan aktivis perempuan yang diprakarsai Jaringan Nasional Perempuan Mahardhika hari ini(08/03/15) menggelar aksi hari perempuan internasional, di simpang empat Tugu Yogyakarta.Dijakarta dalam Memperingati Hari Perempuan Internasional, gabungan LSM bidang kewanitaan menggelar aksi damai di bundaran HI Jakarta Pusat. Mereka membagikan aksesoris pada pengguna kendaraan yang melintas.



0 komentar:

Posting Komentar